Kamis, 28 April 2011

SEJARAH HIMPUNAN MAHASISWA BIOLOGI


Sejarah Himpunan Mahasiswa Biologi (HMB) F-MIPA UNTAD

      Agustus 2006 berjumlah 13 orang. Tetapi pada saat itu ada kegiatan LKM dan Intimiasi (PMJ) tetapi tidak cukup dijadikan modal untuk mendirikan sebuah himpunan karena strategi pendirian himpunan tidak diajarkan.
1. Fahri Djafar Badjeber                          8.  Zaitun
2. Dewa Nyoman Puspa                           9.  Lisa Herawati
3. Megawati                                             10. Rahmiati
4. Latifa Merdekawati                            11. Nurlaila M. Said
5. Nurhalimah                                         12. Etrianingsih
6. Sukmawati                                           13. Elvina
7. Sasmita


Bulan Desember 2006 rapat kecil dengan teman2 angk.2006 membahas mengenai pendirian lembaga seperti jurusan lain (fisika, matematika, kimia).

Mempercayakan kepada Fahri Djafar Badjeber mengenai persiapan pembentukan  himpunan dan berdiskusi dengan ketua HMJ lain setelah berdiskusi dengan ketua dan sekretaris jurusan.

Hasil diskusi dengan ketua jurusan disepakati mengenai pembentukan himpunan. Tetapi pembicaraan dengan ketua HMJ lain tidak disepakati karena disuruh menunggu angk.2007 masuk terlebih dahulu. Merasa tidak dibantu dengan senior di HMJ lain Fak. MIPA Fahri Djafar Badjeber mencari bantuan lain di luar Universitas. Kemudian Fahri Djafar Badjeber bertemu dengan aktivis BEM STAIN (Kanda Nursalim Alatas). Kemudian Kanda Nur salim menyarankan kanda Fahri untuk mengikuti pengkaderan LK I Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).

Bulan Februari 2007, Fahri mengikuti LK I HMI Cab. Palu komisariat FKIP dengan ketua komisariat Yunda Fatmawati dan ketua cabang Kakanda M. Syarif Latadano, SP.

Setelah pengkaderan LK I selama seminggu, Fahri meminta copyan draft AD/ART dari jurusan lain tetapi yang didapatkan hanya AD/ART jurusan Kimia. Dan kenapa hanya AD/ART jurusan kimia, karena kimia dan biologi memiliki sejarah yang sama (jumlah angkatan pertamanya sama).

Satu minggu Fahri mengkonsep AD/ART dibantu oleh Latifah dan Megawati, kemudian Fahri memasukkan proposal dibantu oleh Ketua Jurusan (Drs. Elijonnahdi) dan membawanya ke koordianator MIPA (karena MIPA belum menjadi sebuah Fakultas) yakni Prof. Dr. Sulaiman Mamar tetapi pada saat itu tidak mendapatkan dana dan koordinator MIPA menyuruh Fahri menghadap ke sekretaris jurusan Fisika untuk meminta dana tersebut karena menurut Prof. Sulaiman dana untuk mahasiswa Biologi sudah dilimpahkan ke Fisika. Kemudian Fahri menghadap Ir. Jamidun, MT dan pak Jamidun mengatakan tidak ada dana, nanti setelah fahri katakan disuruh oleh Prof. Sulaiman Mamar baru Pak Jamidun memberikan dana sebesar Rp. 350.000 (yang sebenarnya Rp 780.000). Dari dana tersebut ditambah dengan beasiswa Fahri sebagai ketua angkatan dan ditambah dengan teman-teman 2006 yang lain maka terkumpul sekitar Rp 2.000.000 untuk kegiatan tersebut.

Pada saat itu Dosen tetap Biologi (yang aktif di jurusan) hanya berjumlah 3 orang (Elijonnahdi, Asri Pirade, dan Ibu Annawaty) tetapi Alhamdulillah Fahri memohon bantuan pada Pak elijonnahdi untuk mengundang seluruh dosen Biologi yang sementara studi (S2 dan S3) di dalam maupun diluar negeri dengan proyek TPSDP (proyek Indonesia Jerman) dalam bentuk beasiswa pendidikan, fasilitas perkuliahan, dan fasilitas laboratorium, kemudian pak Elijonnahdi memberitahukan lewat e-mail ke dosen yang sementara studi.

Pada tanggal 10 maret 2006 MUBES pembentukan Himpunan Mahasiswa Biologi dengan Undangan Sebanyak 100 undangan termasuk Semua HMJ se Fak.MIPA, HIMABIO FKIP, HMI cab. Palu, dosen  MIPA yang mengajar di jurusan Biologi (dosen KIMDAS, FISDAS dll) dan seluruh ketua jurusan MIPA.

Yang hadir pada saat itu sekitar 70 orang termasuk 13 orang Mahasiswa Biologi, Bapak Wahyu Harso yang sedang S3 di Jerman, Alwi yang sedang S2 di IPB, Musjaya S2 di UNHAS. Dan yang tidak hadir Ibu Atirah yang sedang S3 di UNPAD, Maria Kanan.

Setelah acara pembukaan, senior2 fisika yang hadir pada saat itu kembali bertanya kepada kami apakah yakin untuk membentuk sebuah himpunan dengan jumlah 13 orang???? Dan jawabannya adalah kami SIAP…

Setelah itu pada pukul 17.00 WITA tanggal 10 maret 2007 terpilih Fahri sebagai Ketua Himpunan pertama, Sukmawati Sebagai Wakil, Latifah Merdekwaty S.Si sebagai sekretaris dan Megawati S.Si sebagai bendahara (dalam dua periode). Dengan 3 bidang yakni Bidang. Olahraga dan Senibudaya (Dewa Nyoman Puspa) Bid. Infokom Pendidikan dan Penalaran (Nurhalimah) dan Bid. Pengembangan Organisasi dan Kerohanian (Zaitun).

Setelah itu langsung diadakan pelantikan oleh Bapak elijonnahdi sebagai ketua jurusan. Hal-hal yang belum disepakati pada saati itu yakni atribut Himpunan (Logo dan Bendera).

Logo HMB itu ada satu bulan kemudian dan bendera itu ada sekitar 5 bulan kemudian yakni bulan Agustus (nanti ada MABA) karena tidak cukup dana. Pada saat ormik 2007, karena biologi sudah memiliki Himpunan maka secara otomatis Fahri menjadi panitia ormik dengan jabatan Komisi Disiplin.

Setelah masuknya mahasiswa baru angkatan 2007, Biologi ingin melaksanakan LKM dan PMJ tetapi senior fisika mengatakan bahwa biologi belum bisa mengadakan LKM dan PMJ sendiri dan harus diikutkan dengan PMJ fisika, tetapi Fahri mengambil hak prerogative dengan bersikeras untuk tidak melkasanakan PMJ dan LKM dengan fisika dan memilih melaksanakan PMJ dan LKM dengan teman2 kimia karena Kimia tidak mengambil alih kepanitiaan tetapi bersama lokasi kegiatan.

Setelah satu bulan mengikuti kegiatan PMJ dan LKM, Fahri mengadakan reshuffle pengurus dan struktur himpunan dari 3 bidang menjadi 5 bidang yakni Bid. Infokom (Rahmiati), Bid. Pengembangan Organisasi (Lisa Herawati) dan semua anggota dari kelima bidang adalah angk.07’ yang telah mengikuti PMJ dan LKM karena pada saat itu angk.06’ tersisa Sembilan orang (5 bidang tambah 4 pengurus yang diatas).

Tahun 2008, pertama kalinya HMB melaksanakan kegiatan dengan jiwa kemerdekaan tanpa adanya HIMAKIM di Oloboju.

Pada Tahun 2008 mengadakan MUBES pertama kali dan terpilih saudara Amiruddin sebagai ketua himpunan kedua. Tahun 2008 tersebut Fahri mengusulkan LPM Suara Kami sebagi lembaga distrik dan YEC (Youth English Club) atas hasil diskusi antara ibu Annawaty dengan Arja. Alasan dibentuk LPM karena banyak tuntutan HMB ke Fakultas tetapi tidak ada ruang untuk menyampaikan hal tersebut dan minimnya kemampuan B.Inggris HMB sedangkan teks Book biologi kebanyakan berbahasa inggris. Sdra Made Sutarman terpilih sebagai Ketua LPM dan Arja sebagai ketua YEC.

Setelah 8 bulan berjalan saudara diadakan reshuffle dan digantikan oleh saudara Wahyudin Abd.Karim sebagai ketua.

Prestasi lembaga (HMB) pada saat itu adalah Fahri mendapatkan beasiswa aktivis unggulan yang dibiayai oleh kementrian dalam negeri dalam rangka pertukaran mahasiswa se ASEAN. Syaratnya rekomendasi PD-3, SK sebagai ketua lembaga, Mengikuti test (Wawasan nusantara, potensi akademik, test budaya local SULTENG, test kecintaan perguruan tinggi, test bahasa inggris. Dari ratusan yang mengikuti test yang berhasil lulus test hanya 16 orang diantaranya 4 orang dari Fak.MIPA yaitu Ilham Akbar (fisika 2003 sebagai ketua Al-Ishlah), Abd. Anab (Matematika 2004 sebagai ketua HIMATIKA), Dipo aldilah (Matematika 2005 sebagai wakil ketua BEM F-MIPA), dan Fahri.

Selain mendirikan Himpunan, juga medirikan UKOF bersama-sama dengan Moh. Mahardika (fisika 05), Sabarudin (Kimia 05), Syarifudin (kimia 05). Yusran Naim (Matematika 05) dan Gembira Pinem (matematika 06) dan terpilih gembira pinem sebagai ketua. Selain itu juga mendirikan MAPALA PAWANA FMIPA UNTAD dengan teman2 fisika, matematika, dan kimia.

SEJARAH HIMPUNAN MAHASISWA BIOLOGI (HMB) FMIPA
Pada tanggal 10 Maret 2006 pembentukan Himpunan Mahasiswa Biologi. Tahun 2008 tersebut Fahri Djafar Badjeber sebagai ketua Himpunan Mahasiswa Biologi FMIPA pertama  mengusulkan LPM Suara Kami dan YEC (Youth English Club) sebagai lembaga distrik. Alasan dibentuk LPM karena banyak tuntutan HMB ke Fakultas tetapi tidak ada ruang untuk menyampaikan hal tersebut dan minimnya kemampuan berbahasa Inggris HMB sedangkan teks Book biologi kebanyakan berbahasa Inggris. Made Sutarman terpilih sebagai Ketua LPM dan Arif Rahman Jabal sebagai pendiri sekaligus ketua YEC (Youth English Club). Berikut data-data struktur Kepengurusan Himpunan Mahasiswa Biologi FMIPA Universitas Tadulako :
a.      Tahun 2007
-         Ketua umum                    : Fahri Djafar Badjeber
-         Wakil ketua umum         : Sukmawati
-         Sekertaris                                    : Latifah Merdekawaty
-         Bendahara                       : Megawati

b.      Tahun 2008
-         Ketua umum                    : Moh Amiruddin
-         Wakil ketua umum         : Wahyudin Abdul Karim
-         Sekertaris                                    : Prita Permatasari
-         Bendahara                       : Lucyana

c.      Tahun 2008 (mengalami Resufle)
-         Ketua umum                    : Wahyudin Abdul Karim
-         Wakil ketua umum         : Sahlan
-         Sekertaris                                    : Prita Permatasari
-         Bendahara                       : Sri Wahyuni Latopada

d.      Tahun 2009
-         Ketua umum                    : Kana Amar
-         Wakil ketua umum         : Slamet Ifandi
-         Sekertaris                                    : Andi Lindhemuthianingrum
-         Bendahara                       : Sri Wahyuni Latopada

e.      Tahun 2010
-         Ketua umum                    : Agus Rahmatullah
-         Wakil ketua umum         : Wahyudi S. Enot
-         Sekertaris                                    : Rahmat Pangestu
-         Bendahara                       : Ikha Wahyuni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar